Sabtu, 06 April 2013

oh pak Dokter..

sekarang saya kuliah, sudah semester 6 mulai menyusun karya tulis ilmiah..:)

pas SMA, saya daya tahan tubuh saya ini bener-bener bagus, ga pernah sakit sama skali slama 3 tahun, yah,paling cuman pilek,soalnya saya memang sinusitis, trus alergi debu -_-

mulai kuliah, baru 2 tahun kuliah, penyakitnya macem macem datang, tipus lah, vomitus sampe diare lah, urtikaria lah.. padahal saya ini easy going, ga gampang stress sama santai mampus, tapi tetep aja itu kuman kuman datang menyerang entah darimana datangnya..

nah, terakhir kemaren ini saya kena Biduran, bahasa medisnya  Urtikaria..berhubung baru pertama kali seingat saya, panik lah jelas, akhirnya saya memutuskan ke dokter..

saya nunggu dokternya itu jam setengah 8 malam, karena dokternya masih di jalan..
setelah dokternya datang, karena saya pasien pertama, saya masuk duluan..

pas masuk,dokternya ga nanya nama saya siapa, umur saya berapa, trus langsung nanya ke saya, ada keluhan apa? lalu saya tunjukkan bentol bentol merah di kedua tangan saya, trus saya bilang, bentolnya di seluruh tubuh dok, gatal juga..

lalu dokternya bilang, sejak kapan? saya jawab sudah dari kemarin dokter..

lalu saya langsung disuruh ke ranjang pemeriksaan, lalu dokternya mengauskultasi saya memakai stetoskop, lalu mengetok ngetok perut saya.. dokternya nanya, kamu ada sakit perut? saya bilang iya dok, kayak mules..udah, gitu aja..
selesai di ranjang pemeriksaan, saya disuruh duduk dan dokternya langsung nulis resep..
sambil nulis resep dokternya bilang " kamu jangan makan telur dulu, kepiting~~~"
dan saya nanya balik, kenapa ga boleh dok? saya kan ngga ada alergi makanan?
doktenya tidak menjawab dan terus bilang saya ngga boleh makan makanan telur dan kepiting dan makanan yang bikin alergi lainnya..

setelah dokternya selesai menulis resep, dokternya bilang ke saya, nanti kamu di depan bayar 50 ribu ya..

dan saya keluar dari ruang pemeriksaan dokternya..

maaf saja ya sebelumnya, soalnya saya  kuliah di bidang kesehatan, dan saya dari semester awal sudah diajari cara menganamnesis pasien dan berempati kepada pasien,
dari cara dokternya memperlakukan saya, saya kecewa, dari saya datang dokternya sudah ngga ada tanda tanda beramah tamah pada pasien,
okelah, saya datang kedokternya dengan penyakit yang biasa banget..
tapi saya juga butuh dokternya menenangkan saya bahwa penyakit saya ini tidak berbahaya..
 
dokter juga ngga bertanya bentolnya hilang timbul atau terus terusan bentol? soalnya bentol bentolku itu ilang timbul..
dokternya ngga nanya fisiologisku gimana, gara-gara aku gatelan.. kemaren itu jadi bener bener ga bisa tidur cuman buat garuk garuk doang,
trus dokternya ngga nanya juga apa aku sudah ada minum obat buat ngurangin gatalnya.. padahal aku sudah ada minum antihistamin..

pas ke ranjang pemeriksaan juga, dokternya pas auskultasi ngga ada minta izin ke aku..minimal, maaf ya dek, saya periksa dulu..
trus pas mempalpasi perut saya, dokternya juga ga ada bilang..minimal kan pengennya dokternya bilang maaf ya dek, perutnya saya tekan dulu..~~
kan jadinya saya ngga kaget waktu perut saya ditekan tekan dengan binasa :(

lalu keluhan penyertaku selain diare ga ditanya sama dokternya, padahal kemaren aku agak demam sama batuk batuk..
sebelumnya sudah pernah sakit kayak gini juga ngga ditanya..

dan yang bikin reseh itu ya kalimat terakhir, nanti kamu bayar didepan 50ribu ya..
dokternya ngga sadar gitu ya ini pasien ngekost, terdampar dan terhina, 
kan ada kali ya bahasa halusnya..misalkan, habis ini adek ngurus administrasinya didepan ya,..apalagi kalo dengan senyum manis si dokter, cakep banget sudah tuh..
kalo ini dari awal sudah ngga ramah sama saya, dingin kayak biang es, trus kalo ada embel embel bayar 50 ribu itu entah kenapa bikin jengkel..
lain kali ya kalo dokternya ramah, diajak bercanda, nggosipin korea utara, 50 ribu ikhlas~~~

pasrah saya melangkah keluar ruangan dokternya..
 males banget balik lagi kesana :)

dan akhirnya..saya anggap ini pembelajaran, pokoknya kalo saya insya Allah sudah menjadi dokter, saya ingin melayani pasien dengan segala hak asasi manusia, jangan sampai membuat pasien kecewa dan tidak percaya dengan kita,
entah pasienmu itu muda, tua , kaya, kurang kaya, saya harus selalu beretika, melayani pasien dengan segenap kemampuan saya..

Insya Allah..






*curhatan menjelang sidang KTI 1 ><



 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar