Kamis, 18 Juli 2013

well, one tear drop blood for life :)


sebelumnya  mau cerita nih, berhubung ingatan masih segar, hehehe..
hari minggu yang lalu dibulan juni kemaren tanggal yang ironisnya dilupakan, saya melakukan donor darah pertama saya di umur 20 tahun!! 20 tahun!!
niatan pengen donor sih sudah ada dari jaman jaman kuliah semester satu, tapi kok pas mau ke PMI sama kerumah sakit itu ,malesnya kelewatan..akhirnya terwujudlah keinginan untuk donor darah, ya pas hari minggu kemaren, Alhamdulillah :)

mekanisme awal sih saya daftarin nama saya untuk jadi pendonor, terus saya di tensi, ditanyain berat badan berapa *hik, soalnya kalo berat badan kurang dari 45 kg, tidak dianjurkan untuk donor darah, kebetulan berat badan saya lebih banyak dari itu, teheee~~ :P..dan tekanan darah saya pas pagi itu 110/70, well,seharusnya untuk seumuran saya tekanan darah normal itu 120/80,tapi gapapa, saya sehat!! Alhamdulillah
lalu saya dicek kadar hemoglobin ato sel darah merahnya, yah itu loh,yang fungsinya untuk membawa oksigen yang ada diparu-paru ke seluruh tubuh, nah, kadar hemoglobin yang dibolehin untuk donor itu <12,5gr/dl, dan kadar hemoglobin saya adalah eng ing eng~~ 12,7 gr/dl, saya siap, saya sehat, saya kuat!!

*bersiap untuk donor

akhirnya saya dag dig dug serr nunggu nama saya dipanggil, serius deg degannya sama kayak mau ujian OSCE gitu..,* halah
pas nama saya dipanggil, saya duduk dan yang mengambil darah saya itu berpenampakan mas-mas..

dan pertanyaan standar orang takut ya gini.. "anu mas, pas ditusuk jarum sakit gak?"
dan masnya bilang dengan kekaleman yang luar biasa, " sakitnya sedikit kok mba, ga sampe kayak dicubit"
okelah, akhirnya saya singsingkan lengan baju, lalu saya liat jarum yang akan memperawani kulit indahku,,
sumpah GEDE BANGET! itu jarum ato sedotan!! agak parno luar biasa pas jarumnya menembus kulit, tapi bener sih kata masnya, ga terlalu sakit..

darah saya mulai keluar, sakitnya ilang,tapi pokoknya kerasaan banget pas darah keluar dari tubuh trus masuk kantong, sampe akhirnya darah saya diambil kira kira 300cc lebih, jarum dicabut..dan saya biasa aja, katanya donor darah bikin pusing.. saya biasa aja, sampe akhirnya mau pamit sama mas mas yang nusuk jarum,sudah bangkit berdiri nih ceritanya, ternyata saya langsung pusing luar biasa, dan akhirnya disuruh mas mas yang nusuk jarum buat istirahat dikursi, pokoknya pusingnya mampus, terus komplikasi, selain pusing, saya mual mual dan pengen muntah, terus jantung berdegup kencang sama keringat dingin ngucur..mas mas yang nusuk jarum akhirnya nyariin tisu, trus pas bilang saya mau muntah, dengan polosnya mas mas yang nusuk jarum itu ngasih saya kantong plastik buat muntah..
adu erin, malu maluin banget!!

kasus, kenapa saya bisa pusing,mual,mau muntah ?
katanya sih saya kena reaksi hipovolemia, itu loh, tekanan darah turun mendadak et causa donor, akibatnya akhirnya saya pusing mual muntah gitu, mirip morning sickness, apalagi saya pagi itu belum makan -,-, dan ini donor perdana saya,hohoho..tapi gejalanya cuman sebentar aja, istirahat 10menitan trus minum air habis itu seger lagi... aw aw aw

manfaat donor darah?
pertama, kita jadi tau apa golongan darah kita, siapa yang tau kalo selama ini ternyata anak yang terbuang?? *abaikan
kedua, jadi tau berapa tekanan darah kita tiap 3 bulan, lumayan kan gratis cek ceknya ><
ketiga,jadi tau kadar hemoglobin ditubuh, kan akhirnya jadi tau kalo misalkan kita kena anemia ato malah kelebihan zat besi..ulala~~
keempat, merangsang pertumbuhan sel darah merah, saat donor, darah yang keluar dari tubuh akhirnya dengan cepat akan diperbaharui oleh sum sum tulang belakang!! akhirnya pasokan sel darah merah yang baru bikin tubuh seger sehat bercahaya~~
kelima,kalo donor darah rutin tiap 3bulan, bisa menurunkan resiko terkena  penyakit jantung sebanyak 30% terutama pada laki laki seperti serangan jantung koroner sama stroke karena memungkinkan terjadinya  pergantian sel darah yang baru (by British Journal Heart)!! *SELALU,LEBIH BAIK MENCEGAH DARIPADA MENGOBATI~~
 keenam, donor darah dapat membantu menurunkan berat badan, setiap kita memberikan darah kita *yah,350ml darah aja laa~~ itu bisa membantu proses pembakaran kalori sebanyak 650 kilokalori, ajegile, sama kayak aerobik satu jam,sama kayak lari lari 1 jam!!!, donor darah paling yah 15-20 menit, itupun duduk,bisa tidur tiduran... *maka,nikmat Tuhan manakah yang engkau dustakan?


maka hei kamu yang ada disana, tau juga ngga setiap darah yang kamu donorkan bisa menyelamatkan 3 pasien yang membutuhkan?
selagi masih muda, selagi masih bernyawa, tidak ada salahnya membantu dengan keikhlasan, mungkin memang bukan materi, tetapi akan sangat berarti bagi mereka yang membutuhkan..mungkin saja mereka sedang memanjatkan doa untuk kalian...




selamat malam :)

*many thanks for TBM-Calamus scriptorius yang mengadakan acara donor darah di hari minggu, proud to be one of :)


















Tidak ada komentar:

Posting Komentar